Langsung ke konten utama

lembah

Sekarang, aku lagi ada di masa dimana harus puasa jajan, puasa belanja, bahkan beli paketan pun mikir berkali-kali. Menu makan tiap hari harus sesuai sama perhitungan tiap awal minggu. Ga boleh meleset. Segitu ya segitu.

"Kok susah amat sih? Kenapa ga kerja aja? Ijazahmu buat apa?"

Hehe. Miloni baru 10 bulan. Masa aktifnya mungkin baru 4-5 bulan. Udah mencapai followers 8ribu sekian itu termasuk sehat. Bisa makan, bisa bayar kos, bisa mikir tiap hari harus gimana lagi inovasinya, itu posisi yang super beruntung. Di luar sana banyak banget kisah pebisnis sukses yang baru bisa makan normal di umur bisnis setahun lebih. Baru bisa malam mingguan, beli baju, dan mikir sehat di usia bisnis 2 tahun juga ada. So, kasusku ini bukan apa-apa dibanding mereka.

 Tapi jangan salah juga, pikiran buat 'udahlah kerja aja' juga ga jarang dateng. Apalagi waktu liat instastory temen-temen yang first day at work lah, main sama temen kantornya, payday, dan lain-lain dengan kepastian yang mereka dapet. Makin berasa ketika temen ulangtahun, wisuda, atau nikahan dan kita pengen kasih kado terbaik tapi budget gaada. Sedih banget. Maaf ya manteman, semoga bisa kuganti suatu saat nanti. Insya Allah.

But I just can't go back. I must move forward. Qadarullah ditunjukin beberapa tulisan pebisnis tentang masa sulitnya dulu. Mbak Atina dari Vanilla hijab misalnya, lewat akun ig nya @ceritavanilla beliau nulis kalo dulu Vanilla spam komen di akun-akun orang, belanja bahan dikit-dikit, foto produk sendiri, sampe sekarang bisa jadi salah satu brand hijab paling gede di instagram. Kemudian ada juga salah satu online shop yang beberapa waktu lalu kerjasama sama miloni buat sponsorin giveaway-nya, olshop yang endorse Suhay Salim berkali-kali, yang paketnya sehari lebih dari 50 padahal harga produknya di atas 300ribu semua. Butuh 9 tahun akhirnya nyampe sini. Dulunya pun jualan barang random, sempet vakum setahun, deadstock banyak, ikut bazar cuma laku 3 pcs. Then kurang bersyukur banget aku kalo baru 10 bulan langsung nyerah gitu aja. Padahal perkembangannya termasuk cepet dibanding pendahulunya.

Now it's the time for those sleepless days, unlimited books to read, keinginan yang harusss banget ditahan, mikir strategi tiap hari, dan lain-lain.


Komentar