Langsung ke konten utama

Slapped (panjang nih postnya)

Baru kemarin malem banget aku nulis di blog ini tentang rasa kesel dan berbagai pertanyaan "why" yang ada dalam otakku. Eh malem dini hari ini nulis lagi disini karena aku dikasih tau jawaban dari semuanya. Jawaban yang bikin aku ngerasa ditampol.

Jadi... Selepas aku nulis post itu hati rasanya udah lumayan lega. Tapi abis itu tetep curhat tentang segala yang ada di hati dan berdoa biar dilapangkan dadanya dan ditunjukkan ke jalan yang bener. Kemudian inisiatif lah aku buat bikin makin lega dengan nonton video ceramah ustadz di Youtube. Gatau kenapa aku ngetik keyword "iri dengan rezeki orang lain". Paling atas muncul video cerama Ust Khalid Basalamah. Disitu intinya beliau jelasin kalo lagi iri, lihat yang ada di bawah kamu. Lakukan itu agar muncul rasa syukurmu. Dan beliau juga kasih contoh kasus-kasusnya. Disitu aku lega dan bisa tidur nyenyak.

Paginya, bangun dengan semangat buat berangkat seminar. Seminar ini pembicaranya  mbak Putri, owner GhealsyShoes, toko sepatu dan tas yang zuper murah dan udah terkenal dimana-mana. Sama mbak Fais, owner Famela manajemen, manajemen selebgram yang udah lama dan terkenal juga sampe disaranin sama owner Vanilla hijab, mba Atina role model akuh. wkwk. Di seminar itu aku dapet banyaaaakkk banget ilmu dan recharge semangat. Aku baru tahu kalo mbak Putri mulai bisnisnya dari kelas 1 SMA, waktu kuliah di Surabaya jualannya dengan cara fotoin barang di PGS terus diupload di facebook sama bbm, kalo ada yang beli baru beli barangnya. Kalo engga ya numpang foto aja. Jualan pake BB bekas yang chargernya selalu pinjem temen. Dimusuhin tetangga kosnya karena berisik malem-malem packing. Ga disapa ibunya karena ga nurut disuruh daftar PNS. Huhu. Daann banyak cerita lain juga. Terus mbak Fais apalagiii.. doi masih smt 7 beb. Sekarang skripsian. Manajemennya dah segede ituu... Wagilaa.. Belom lagi ada cerita seorang audiens yang nekat sewa ruko padahal uangnya cuma 3 juta buat buktiin ke ibunya kalo doi bisa juga sukses lewat bisnis. Terus begitu dapet sewa rukonya, doi masih nyicil dong buat isi barang-barang di ruko itu. Udah jalan 2 tahun, baru deh dia bilang kalo punya toko udah, dah gitu masih aja ibunya setengah hati sama keputusan anaknya. Ya Allah dibanding mereka aku ga ada apa-apanya strugglingnya. Apalagi kalo masalahnya sekedar jualan yang ditiru orang. Duh. Jadilah semangat banget buat  bikin plan dan lain-lain.

Dah sampe situ.. perjalanan pulang eh liat nenek-nenek di jalan Dewandaru deket kos. Duduk sendirian di pinggir jalan perumahan, bawa mangkuk isi koin pemberian orang-orang, sama pake tas juga. Waktu aku samperin dan tanya-tanya, lah kok ternyata beliau ini dari Lawang, sekitar 45 menit - 1 jam dari Malang. Naik angkot katanya. Waktu kutanya anaknya kemana, jawabnya di Solo. Terus mbah ini di rumah sama cucunya yang sekolah SMP. :') "mbah kesini tiap hari tah?" "enggak nak, seminggu sekali aja paling." Dilihat dari wajah sama kulitnya ya.. mbah ini sama sekali gaada wajah (maaf) pengemis. Orangnya cantik, kulit dan bajunya bersih ga kayak orang yang udah sering keliling kemana-mana terpapar sinar matahari gitu, murah senyum dan pemalu juga. Dari situ gatau kenapa aku asumsikan mbah ini bukan pengemis 'senior'. Yaa bisa jadi mbah ini terpaksa buat gini, milih ke Malang karena lumayan jauh dari tempat tinggalnya jadi gaada yang tau kalo dia ngemis. Wallahu alam. Semoga simbah rejekinya lancar, disayang sama Allah, dan gausah minta-minta lagi. :')

Terus pas makan malem di warung nasi goreng ada rombongan satu mobil gitu masuk dan duduk di belakangku. Aku cuma liat itu ada mbak dan mas umur sekitar 30an sama anak kecil 4 atau 5 orang gitu. Mbak sama mas ini sibuk nawarin menu-menu dan toping nasi goreng ini ke anak-anak yang dibawanya. Terus pas aku bayar dan lewatin meja mereka, anak-anak ini liatin aku dengan muka polos dan aku refleks liat mereka balik. Masya Allah disitu aku baru sadar kayaknya anak-anak ini bukan anaknya pasangan mba sama mas itu. Keliatan dari wajahnya, kulitnya, pakaiannya, beda. Aku sih mikirnya ini anak-anak yatim atau anak jalanan yang mereka bawa untuk diajak makan bareng. Wow.. that's our dream. (me and kak Aris) dan prototype nya ada di depan mata. Seteduh itu liatin pandangan anak-anak ini. Seneng diajak makan bareng :')

Satu lagi yang jadi puncak, baca storynya Zaskia Mecca yang cerita kalo dia ketemu rombongan 80 anak yatim yang duduk di lantai mall. Ternyata rombongan ini dari Bogor yang jaraknya 3 jam dari mall itu. Niat dateng karena ada undangan nonton bareng tapi ternyata salah tanggal panitianya. Anak-anak ini 'terkatung-katung' kurang lebih 3 jam dan belum makan siang dan gatau bakal gimana. Sediihhh udah jauh-jauh mau nonton bioskop ternyata terancam gajadi. :(( terus mbak Kia sama mamanya ajak mereka makan dan main. Dan mbak Kia notice salah satu dari mereka pake sendal jepit kegedean dan putus juga. Tapi anaknya selaw aja, udah seneng diajak main. :(((

Berderai air mata aku abis baca story nya. Bukan semata-mata karena kasihan. Tapi nangis karena serangkaian kejadian hari ini  jadi jawaban dari doanya aku malem sebelumnya. Gaada waktu buat iri atau kesel sama rejeki orang, bagaimanapun caranya dia dapet rejeki itu. Masih banyaaaaakk banget nikmat yang bisa kita syukuri. Dan banyaaak banget kebahagiaan yang bisa kita bagi sama orang lain. Dan hal itu makin nancep di hati dan pikiran aku. Semoga terus istiqomah di jalan yang benar.

Dan semoga tulisan ini bermanfaat juga bagi yang baca.

Komentar

  1. Selalu yah. :") peluk cium buat fafa dari salah satu camp di pare๐Ÿ’•๐Ÿ’•

    BalasHapus

Posting Komentar