Langsung ke konten utama

Shaping New Generation

Tadi..  tiba-tiba keinget apa aja yang udah aku lewatin hingga sampai di titik ini. Titik dimana semuanya serba in progress atau loading. Keinget dulu hal-hal kecil yang diajarin orangtua, exposure lingkungan, serta tontonan dan bacaan yang akhirnya membentuk karakterku dan cara-caranya aku menyelesaikan masalah dan making decisions.

Lalu auto-bersyukur.

Tadi juga, sebelum aku mikir paragraf di atas, aku lewat sebuah tempat yang entah kenapa rame anak muda seumuranku atau 2-3 tahun di bawahku pada nongkrong dan main hp di pinggir jalan. Disitu ada 2 orang penjual kopi dan gorengan. Pas lewat situ aku bilang ke Kak Aris, "kalo kamu nongkrong disitu, aku ga mau deh sama kamu.". Terus dia jawab, "kalo aku nongkrong disitu, jalannya bukan sama kamu. Tapi sama geng motor ngoeng ngoeng itu. Pacarannya di pinggir taman atau jalan Ijen sana. Duduk di atas motor."

Tapi mereka pun bisa jadi ga sadar kalo ada di posisi itu. Mereka ga sadar kalo ada kesempatan atau cara lain untuk bersosialisasi selain nongkrong di pinggir jalan sambil ngopi atau pacaran di atas motor yang diparkir di trotoar jalan Ijen. Mereka (bisa jadi) cuma ngelakuin hal-hal mereka ketahui dari lingkungan yang mereka liat dari kecil. Kan mereka ga bisa milih di lingkungan mana atau dari orangtua siapa mereka dilahirkan.

Lalu bersyukur lagi.

Keinget lagi hal-hal kecil yang diajarkan ibu dan bapak. Simply untuk manggil 'sampeyan' ke orang lain, menyapa guru kalo ketemu di luar sekolah, gimana cara berpakaian yang baik, dan bahkan pentingnya nyisir rambut kalo abis mandi. Belum lagi hal-hal lain yang ga cukup disebutin disini. Aku termasuk anak yang dipingit. Percaya ato engga, aku ga boleh main ke tetangga yang jarak rumahnya lebih dari 2 rumah dr rumahku. Pulang sekolah jam 11 langsung makan siang, lanjut (wajib) tidur sampe dhuhur, abis dhuhur ngaji, pulang jam 3, curi waktu buat main, setengah 4 udah dipanggil buat mandi dan kemudian belajar. Tentu saja aku dipanggil anak mama sama anak-anak lain, kalo main selalu dikasih keringanan karena rata-rata aku ga ngerti cara mainnya, terus kalah. Dan aku, ga begitu punya temen di sekitar rumah.

Tahun-tahun berlalu, anak-anak di sekitar rumahku menentukan jalan hidupnya. Ada yang nikah muda, ada yang lulus sekolah langsung kerja, ada yang kuliah tapi putus di tengah jalan, ada yang gonta-ganti pacar, tapi ada juga yang hidup normal juga sih. Disitu, aku akhirnya ngerti maksud ibu dulu yang bikin jadwalku super padat dan ga ngasih waktu main sama anak-anak sekitar rumah. She shaped my future by being picky in choosing my environment.

Terus sekarang jadi bertanya-tanya, apa bisa ya aku ntar punya intuisi yang pas kayak ibu dulu. Apa bisa aku milihin lingkungan yang pas buat future kiddos, gimana caranya membatasi sesuatu tanpa anak ini ngerasa 'dipingit', dan lain sebagainya. I can't believe that I'm at this point.  Dan.. yasudah. Let's belajar lebih banyak lagi, dibenerin lagi visi misi hidup dan matinya. Dikurangi sifat-sifat negatifnya.  Biar anak punya exposure yang bagus. Mereka lahir dalam keadaan bersih dan siap menyerap apapun di sekitarnya, masa iya sih orangtuanya sendiri rela mengotori? Jangan sampe pas gedenya mereka (naudzubillah) melakukan sesuatu yang salah, tapi orang tuanya nyalahin anak ini, padahal kesalahan si anak bisa jadi berawal dari ketidakpedulian orangtua dalam menentukan lingkungan anaknya.

Udah gitu aja. Endingnya kurang yahut, tapi w dah bingung ehe. Udah deh. Wassalam

Komentar