Langsung ke konten utama

2018 Review

Ah.. so many things happened in 2018. Here's some highlights

Awal tahun 2018 diawali dengan ujian skripsi. Iya. Aku ujian skripsi tanggal 2 Januari 2018. Ujian yang persiapannya masya Allah, buru-buru pagi buta karena jam ujian dimajuin tapi ternyata eksekusi di ruang sidang cuma 5 menit :)) Engga ngerti lagi Sensei-sensei itu emang terbaik. Ga lupa juga doa bapak dan orang-orang terdekat. Tapi ternyata yang lebih susah tuh jilid dan cari tandatangan buat syarat yudisium beb. Bolak balik sana-sini dan abis kertas buanyak tapi alhamdulillah lancar juga dan selesai sesuai rencana.

Lalu. Ketemu keluarga kak Aris for the first time. Lengkap. Sebelumnya pernah ketemu ibu dan adeknya yang gede aja. And alhamdulillah they're so kind to me. Such a warm family. Nanti insya Allah ketemu lagi akhir bulan Desember. Semoga sehat2 terus mereka.

Aku ga inget abis yudisium tuh aku ngapain aja sampe sekitar bulan April I got a miracle from Allah. Si Miloni, anak hasil keisenganku sama kak Aris tau-tau rame aja gitu. Ternyata ada juga orang-orang di luar sana yang ngerasa barang-barang di Miloni valuable, ga cuma aku aja. huhu. Dan karena itu aku jadi buduamat sama persiapan wisudaku. H-1 aza masih packing puluhan paket sampe jam 11 dan jam 1 baru tidur. Kemudian jam 3 bangun lagi buat meap. Terus besoknya langsung cus ke pantai sama temen-temen. Terus hp kak Aris rusak dan abis duid :)

Tapi dari situ salah satu keputusan besar dalam hidupku (maybe) tercetus. Aku memilih buat berkarir di dunia entrepreneurship. Dengan ambil keputusan buat jadi full time entrepreneur, aku tahu masa muda dan kesempatanku ambil advantage as a fresh graduate bakal ilang. Jika sewaktu-waktu aku pengen kerja di company bakal susah karena ga punya pengalaman. I knew it. Ya mungkin saat itu ga 100% yakin banget sih. Masih kirim lamaran ke beberapa perusahaan. Masih cari-cari kerja siapa tahu ada yg cocok. Tapi makin ikut rekrutmen dan tes, ketemu orang-orangnya, ketemu sama orang yg sama-sama daftar kerja, malah makin ngerasa ga cocok sama vibe dunia kerja di perusahaan atau company gitu. Mungkin udah terbiasa 'bebas' ambil keputusan untuk Miloni dan ngerasain efek dari keputusan itu secara langsung. Waktu tes orang-orang well prepared, baju rapi dan anteng gitu. Aku malah selaw aja, salah bawa pulpen warna ijo pula :) Makin deh yakin kalo hatiku ga ke perusahaan itu (or emg w aja yg rebel).

Aku udah biayain hidupku sendiri sejak bulan maret kayaknya. Awalnya lancar-lancar aja karena uang tabungan masih ada dan bisa dipake. Di bulan juli gitu mulai berasa qismin. Mana beberapa kali salah ambil keputusan dan plan di Miloni. Jadi sempet turun banget penjualan sekitar 2 atau 3 bulan. Tapi disitu juga jadinya belajar banget... banget deh pokoknya sampe aku ambil nafas gede kalo inget momen ini. Momen dimana hati dan otak perang sendiri antara mau nyerah sama bisnis ini dan turn back cari kerja atau lanjut dengan segala ketidakpastian. Alhamdulillah masih kekeuh di sini. Alhamdulillah ketemu banyak buku-buku yang bikin makin ngerti teknis marketing dan bisnis, ketemu cerita pebisnis terdahulu yg strugglingnya lebih parah. Dan aku berhasil mentas dari momen itu. Berani ambil keputusan besar dan Alhamdulillah ke sekian kalinya, Miloni bangkit dan jauh lebih baik.. sampe sekarang. Semoga makin baik ya nak.

Dari keputusan besar terkait karir itu, lahir satu keputusan besar yang lain. Yang ceritanya nanti aku tulis di post khusus aja. Kalau sudah kejadian. Jadi mari berdoa untuk yang terbaik bagi keputusan besarku yang satu ini.

ps. aku dulu waktu akhir tahun 2017 pernah post quote yg tulisannya kurang lebih gini:

'2018 will be a selfish year. I'll focus on myself. Improving my self. And become  a better person physically and mentally'

Dan insya Allah tulisan itu udah kejadian. I feel so many improvement on myself.

Thank you 2018.




Komentar