Langsung ke konten utama

#1Day1Dream : Tahun 2015 Saya Lulus N4

           Latifah Izmil Fauziati, 18 tahun. Mahasiswi semester satu Universitas Brawijaya. Masuk Sastra Jepang itu cuma 5% terlintas di pikiran. Sebelumnya aku udah usaha maksimal dan akhirnya diterima di universitas swasta dengan jurusan yang ‘menurutku’ lebih pas di hati. Tapi, orangtua yang ‘negeri minded’ menyarankan aku mengambil Sastra Jepang di PTN yang juga menyatakan aku diterima jadi mahasiswanya. Dan yah, aku nurut.   

source : http://instagram.com/p/ukGytFTTpV/


Well aku udah nentuin pilihan di Sastra Jepang dan gamau setengah-setengah, apalagi ridha orangtua udah jelas mengalir. Dari jurusan yang sekarang, aku jadi berani mimpi di tahun 2017-2018 aku harus dapet scholarship ke Jepang. 

Dan semuanya aku siapin mulai dari sekarang. Salah satu persyaratan biar dapet scholarship biasanya lulus JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal N3, bulan Desember lalu aku udah ikut tes N5. Terlepas lulus atau enggak N5 itu, pokoknya bulan Juli besok aku harus ikut tes N4, dan targetku lulus N4 tahun ini. 
source : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFBzaE5EBY-AmTeeB0uz6wxPDJ-1Z2ReeGMAX_MFDxXjK6SHsJLQipaFr6VSstRJQTndOl4Bk4UWdcXKMLl3-ffrKccdKEV193ULm0UX2jhBOJcva2kAFYPkgkZ02Tgq02sY9r_KHA6zU/s1600/tuyen-tap-de-thi-nang-luc-tieng-nhat-jlpt-n1-n2-n3-n4-n5-2.jpg

FYI, JLPT ini semacam tes TOEFL versi Japanese, bedanya tes ini diadakan cuma 2 kali dalam satu tahun di bulan Juli dan Desember. Ada 5 tingkatan mulai dari N5-N1 (mudah-sulit). Peserta bebas milih level yang mana. More info here . Karena kemaren pas daftar aku amatir sama bahasa Jepang, jadi ambil yang paling gampang,N5. Tapi untuk tahun ini gaada ampun, aku harus ambil N4. Kalo bisa sih sekali tes langsung lulus, biar bulan Desember langsung bisa ambil N3. Amiin

Belajar dari pengalaman N5 kemaren, aku susah konsentrasi di choukai (menyimak). Dikit aja pikiranku nyeleweng dari soal, udah deh ga nyambung apa2. Mana gaada siaran ulang lagi *yaiyalah Fa -_-. Apalagi sempet denger slentingan  kalo choukai N4 susah. So, aku bakal usaha maksimal buat banyakin latihan di choukai dan lebih rajin korek2 kuping. 

Aku bakal makasih banget kalo diantara kalian yang baca tulisan ini kasih tau aku link download file choukai N4. Karena dari buku-buku latihan yang aku tahu, mereka cuma nyediain soal bunpou (grammar). Choukai-nya ga ada. -_- Yoroshiku ne~ :)

http://www.kancutkeblenger.com/2014/12/tantanganmincut-punya-banyak-mimpi.html

Komentar

  1. wah anak UB ya ? salam kenal aku dari UM heheh
    ketinggalan nih buat ikut 1 day 1 dream :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo tetangga :D
      Yah gapapa sih ikut aja. mayan latihan biar rajin ngeblog :)

      Hapus
  2. semangat kakak! :D
    semoga lulus di N5-nya yang masih belum keliatan hasilnya ^^

    BalasHapus
  3. Aku ada nih soal N4, tapi udah lupa download nya dimana, kalau mau hub aku aja (cuma berniat membantu bukan modus)

    BalasHapus
  4. gmn halis tesnya>>?
    saya tertarik sama sampul buku N4 diatas, saya cari kemana mana gak dapet dapet, mbak Latifah Ismil masih punya bukunya, ??
    kalo boleh saya belinya ..onrngaishimasu

    BalasHapus
  5. kak, beli bukunya dimna ya.?? bolrh kasih tau saya ngk?? sya butuh bangt nih bukunyaa, biar lulus tes tahun ini di bulan juli... arigatou

    BalasHapus

Posting Komentar