Langsung ke konten utama

Mibi


Ada yang maba kayak aku?
.
.
dua tahun lalu.
.
.
.
ehehe

Oke, openingnya ngga banget yha. Sekarang aku mau share tentang apa aja yang aku lakuin 2 tahun lalu alias pas masih jadi maba aka mahasiswa ba,.. (isi sendiri lah). Kali aja bermanfaat buat kalian yang clueless gatau harus ngapain pas punya gelar maba. Ambil baiknya, biarin buruknya. Karena yang buruk buat kalian bisa jadi kebaikan buat orang lain.. ga ngerti? yaudah lah..

a. KEPO
2 tahun lalu pas abis pengumuman diterima di kampus yang sekarang, aku langsung cari-cari akun official organisasi kampus. Let's say BEM, info ospek, dll. Terus orang-orang yang kemungkinan bakal sering ketemu nantinya dan aku butuhin (temen sejurusan, sefakultas, temen sekelompok ospek, kakak tingkat keren ). Mungkin ini terkesan buang-buang waktu, toh ntar juga ketemu. But hey! inget dedek-dedek, kalian udah bukan anak sekolah yang apa-apa disediain. Kalian harus agresif buat cari info, selain ngelatih kalian buat mandiri, gercep buat cari info bisa bikin kalian punya waktu lebih banyak buat nyiapin ospek dan bikin kalian tau sedikit lebih jauh tentang temen-temen sejurusan atau sefakultas.

b. Rajin belajar
Duh ini mah pasti terjadi pada hampir semua maba kayaknya. Semangat lagi gede-gedenya, cita-cita jangka pendek IP 3,5-4. Dan ini juga HARUS terjadi sama kalian. Masa semester awal adalah masa paling empuk buat cari nilai perfect, karena semangat lagi tinggi, dan tingkat kesulitan mata kuliahnya juga ga susah-susah banget. Jangan sia-siain masa ini, karena kalo nilai kalian di semester awal udah bagus bisa jadi motivasi buat selanjutnya, jangan sampe turun lah nilainya. Kalo emang ternyata turun, at least nilai semester awal bisa nolong IPK juga. ehehe 

c. Aktif organisasi/kegiatan kampus
Gatau kenapa pas kuliah aku tertarik buat jadi mahasiswa yang aktif di kampus. Karena aku ngerasa ini 'masa terakhir' aku bisa ikut organisasi, waktu SMA aku cupu banget soalnya. Dan.. pertama kali aku daftar staf magang salah satu organisasi di kampus, ditolak. heheu. Tak apa, akhirnya coba lagi ikut kepanitiaan, dan diterima. Terus daftar himpunan, diterima juga. Terus lanjut ke beberapa kepanitiaan sampe sekarang (kapan-kapan aku bikin tulisan perjalanan semua kepanitiaan dan organisasi itu ah. haha). Dan benefitnya ikut kegiatan kampus adalah,.. it shaped me. Kegiatan dan organisasi itu ngebentuk aku jadi orang yang harus peduli sama orang, sabar dan tenang ngadepin masalah, memposisikan diri sesuai keadaan, ngadepin orang dengan berbagai karakter, dan bonusnya, aku bisa move on dari mantan dan dapet cemceman baru. haha

d. Learn to Survive
Masa maba adalah masa peralihan dimana orang yang biasanya apa-apa serba ada, di tempat rantau jadi nentuin sendiri. Kalo aku, lebih ke pola makan dan ibadah yang kerasa banget berubahnya. Di rumah kalo telat makan atau belum salat pasti ada yang ingetin. Tapi di tempat rantau, it's totally your own responsibility. Kamu ga makan ya kamu laper bahkan bisa sakit, kamu ga salat ya dosa kamu yang tanggung. Di masa maba, aku jadi belajar buat tegas sama diri sendiri. Dan saranku, belajar buat tegas sama diri sendiri sejak dini.. ;)

Yak itu ajadeh ya sharing tentang masa mabanya. Buat yang maba, semangat menjalani level hidup yang baru!! Buat yang mala(mahasiswa layu), hayoloh diinget lagi gimana dulu semangatnya pas jadi maba, diinget lagi mimpi-mimpinya. Semangat yaa... 

Ditulis di sela-sela waktu hectic nyiapin acara sambut maba,



Fafa


Komentar

Posting Komentar